Kamis, 06 Oktober 2011

Tugas I

Karakteristik Sistem Penerimaan Karyawan.

a. Komponen (Components)
Terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, dan bekerjasama membentuk satu kesatuan.
b. Batas Sistem (Boundary)
Merupakan daerah yang membatasi antara sistem dengan sistem lainnya atau dengan lingkungan luarnya.

c. Lingkungan Luar Sistem (Environments)
Adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.
d. Penghubung (Interface)
Merupakan media penghubung antara subsistem, yang memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lainnya.
e. Masukkan (Input)
Adalah energi yang dimasukkan kedalam sistem, yang dapat berupa masukkan perawatan(Maintenance input) dan masukkan signal(signal input).
f. Keluaran (Output)
Adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan.
g. Pengolah (process)
Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukkan menjadi keluaran.
h. Sasaran (Objective)
Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective).
i. Kendali (Control)
suatu sistem yang digunakan untuk melakukan pengawasan terhadap sistem-sitem lain agar lebih terkontrol.
j. Umpan Balik (Feed Back)
suatu sistem yang diperlukan dalam suatu organisasi antara atasan dan bawahan agar terjalin komunikasi yang baik.
 
 
Contoh Kasus:   
Front Office department Maytower Hotel Kuala Lumpur mengalami kekurangan staf, dan ini membuat pelayanan di Hotel kurang maksimal. Kurangnya staf juga membuat staf lain menjadi kesulitan. Karena inilah para staf harus masuk kerja secara tidak layak. Jumping shift pun mereka terima dengan berat hati, pulang larut malam, dan harus mulai kerja lagi esok paginya. Banyak karyawan yang mengalami menurunnya etos kerja, banyak pula yang mengalami kelelahan dan berakhir sakit, Karena inilah akhirnya staff banyak mengeluh, lalu front office manager hotel tersebut menyampaikan keluhan karyawan kepada Human Resources Department (HRD) agar dapat mencarikan staf tambahan untuk Front Office Department dengan segala kriteria yang dibutuhkan.

Human Resources Department pun segera bergerak memasang job vacancy di surat kabar, internet dan media lainnya. beberapa pelamar pun banyak yang mengirimkan curriculum vitae mereka. Berbagai seleksi pun dilakukan mulai dari penyeleksian berkas, Psiko test, Interview test, Medical Check Up dan training. Akhirnya diterimalah 2 orang front desk agent baru untuk membantu jalannya pekerjaan di front desk dengan baik. Front Office manager pun ikut mengontrol karyawan baru tersebut sekaligus memperkenalkan segala sesuatu dan bagai mana cara kerja di front office departement.

-sekian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar