Minggu, 16 Oktober 2011

Tugas 2

1. Kenapa informasi harus dikelolah dengan baik dan benar oleh para tingkatan manager?

- Karena jika seorang manager tidak mampu  mengelola informasi dengan baik, itu akan berdampak kepada bawahan seperti, penyampaian informasi yang kurang jelas, pekerjaan pun akan sulit didelegasikan kepada bawahan, di lain hal tujuan perusahaan pun akan sulit tercapai.

2. Informasi yang dibutuhkan oleh para manager harus mempunyai nilai yaitu : Up to date, Detail dan Accurate. Coba jelaksan maksud point-point tersebut dan berikan contoh jawaban anda!

- Up to date:
Informasi yang didapat harus yang terbaru, sehingga informasi yang akan disampaikan kepada bawahan selalu baru dan fresh.

- Detail:
Informasi yang didapat harus detail artinya terperinci, dimana informasi itu harus secara jelas dan sistematis

- Accurate:
ke akuratan informasi sangat dibutuhkan oleh manager untuk mencapai tujuan perusahaan, informasi harus bisa dibuktikan kebenarannya


3. Coba anda jelaskan informasi-informasi apa saja yang dibutuhkan oleh para tingkatan managerial dalam melaksanakan fungsinya dalam hal yaitu : Planning, Organizing dan Controling!

-  Planning:
Dalam planning manager membutuhkan informasi seperti hasil rekapan data pencapaian perusahaan beberapa tahun sebelumnya, sehingga seorang manager bisa meramalkan apa yang akan terjadi di tahun-tahun berikutnya (rencana jangka panjang)

- Organizing:
Disini dibutuhkan informasi keseluruhan dari setiap pegawai dan hasil kerja. Karena pengaturan diperlukan untuk menjalankan suatu tujuan perusahaan. Contoh soal ketika seorang manager ingin mengatur suatu jadwal masuk karyawan, manager harus mengetahui karyawannya dengan baik, baik itu tempat tinggal karyawan maupun kendaraan yang dipakai. hal ini menghindari keterlambatan pegawai ketika datang bekerja, dan ini sangat berpengaruh dalam jalannya suatu operasional sebuah perusahaan.

- Controling:
 Saat mengkontrol, suatu manager membutuhkan data-data dari bawahan seperti hasil kerja yang sudah dilakukan oleh para pegawai. Jadi dari data-data atau informasi tersebut, manager dapat mengawasi setiap pekerjaan bawahan ataupun berjalannya suatu proses baik secara progress maupun regress.


Tugas 3

1. Dua bentuk keputusan  yaitu tidak terstruktur dan terstruktur. Kenapa tingkatan atas lebih banyak berhubungan dengan keputusan tidak terstruktur, sedangkan manajer bawah lebih banyak berhubungan dengan keputusan terstruktur?

- Pertama kenapa tingkatan atas lebih suka yang tidak berstruktur, karena setiap seorang manager menjalani suatu tujuan perusahaan, tidak selamanya tujuan berjalan mulus, semua dikondisikan, entah itu jika ada kejadian yang sangat mengancam sebuah perusahaan, disini peran manager harus bisa mengambil tindakan secara mendadak dan tanpa diperkirakan sebelumnya, oleh karna itulah manager lebih banyak mengunakan atau berhubungan dengan keputusan tidak berstrktur.
- Kedua, berbanding terbalik dengan seorang manager, seorang bawahan memang lebih saling berhubungan dengan keputusan berstruktur. Karena dengan itu mereka merasa aman dalam bekerja, apalagi kertika keputusan itu berhubungan dengan gaji atau tunjangan. Karyawan pun lebih suka informasi yang pasti dan tidak dapat berubah-ubah.

2. Apa yang dimaksud dengan Sistem Pendukung Keputusan, Jelaskan jawaban anda dengan contoh pada kasus yang anda ketahui

- Sistem pendukung keputusan adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik.

Contoh kasus: 
Suatu hotel yang menggunakan sistem untuk mengolah data-data yang ada mengguanakan sistem opera express, di sistem ini mempermudah manager dalam mengolah data menjadi suatu informasi. Sebagai contoh mengolah data month to date, average room rate dll, yang nantinya informasi tersebut akan dijadikan laporan dan akan diserahkan kepada General Manager. Opera express membuktikan kehebatan sistem yang dimilikinya, sehingga seorang manager pun merasa mudah mendapatkan informasi dan dapat digunakan dalam mengambil suatu keputusan.

1 komentar: